Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
Struktural Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan Mengidentifikasi Usur Cerpen Di Kelas V SDN 6 Selong Tahun
Pelajaran 2018/2019. Adapun Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas V
SDN 6 Selong dengan sampel berjumlah 44 siswa dari kelas Va dan Vb. Jenis
penelitian menggunakan Desain penelitian post test-only-control design. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes observasi dan tes pilihan ganda yang
berjumalah 20 soal untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsure
cerpen dengan menggunakan pendekatan Struktural, berdasarkan hasil penelitian
diperoleh mean yang kelas eksperimen yaitu 77,27 sedangkan mean yang
diperoleh kelas control yaitu 62,95. Untuk uji persyaratan data dilakukan dengan
uji normalitas data dengan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis
menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleht > t
yakni 4.081> 2,343 hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada
pengaruh pendekatan Struktural terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur
cerpen pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Selong tahun pelajaran
2018/2019.
Kata Kunci :Pendekatan Struktural, Unsur Cerpen.