Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media kotak
misterius berbasis model picture and picture pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) materi daur hidup hewan kelas IV SDN 8 Sepit tahun
pelajaran 2017/2018. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu yaitu
penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format
produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan
revisi produk akhir. Jumlah subjek uji coba keseluruhan sebanyak 21 orang siswa.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
validasi untuk ahli media dan materi, lembar angket respon siswa, dan tes hasil
belajar. Berdasarkan data hasil validasi ahli media, diperoleh skor 70 pada rentang
skor 68 < X ≤ 84 dengan kategori “Baikâ€. Sedangkan berdasarkan data hasil
validasi ahli materi diperoleh skor 40 pada rentang skor 37 < X ≤ 46 dengan
kategori “Baikâ€. Berdasarkan data hasil uji coba lapangan diperoleh data dari
angket respon siswa dengan persentase jawaban “Ya†sebesar 100%, sedangkan
nilai rata-rata siswa pada tes hasil belajar yaitu 80 dengan persentase ketuntasan
klasikal 85,7. Berdasarkan data tersebut data disimpulkan bahwa media kotak
misterius baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Kotak Misterius, Picture and Picture