Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai-nilai
pendidikan karakter dan gerakan literasi pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Nadhlatul Wathan Desa Dames. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi, Dokumentasi, Wawancara secara langsung dengan informan di
lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles and Huberman
yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai pendidikan karaktter
yang terdapat dalam gerakan literasi sekolah yaitu jujur, disiplin, tanggug jawab
serta rasa ingin tahu, (2) pelaksanaan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter
dan gerakan literasi sekolah dilaksanakan secara bertahap sesuai tahap
perkembangan siswa, guru menggunakan berbagai strategi untuk mencapai tujuan
kegiaatan.
\
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi