Abstract :
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada variasi gaya mengajar
guru pada minat dan keaktifan belajar siswa di MI NW Dasan Baru. Gaya
mengajar guru sebagai patokan pada suatu pembelajaran yang ditujukjan untuk
mengatasi kebosanan siswa sehinga siswa memiliki minat dan keaktifan belajar
tinggi pada proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana variasi gaya mengajar guru terhadap, bagaimana minat dan keaktifan
belajar siswa, serta mengetahui adakah dampak variasi gaya mengajar guru pada
minat dan keaktifan belajar siswa di MI NW Dasan baru. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi, Wawancara secara langsung
dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles and
Huberman yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru berdampak pada minat dan
kekatifan belajar siswa kelas V di MI NW Dasan Baru.
Kata Kunci: Variasi mengajar guru, Minat dan Keaktifan