Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa buku saku yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran matematika
untuk siswa kelas IV sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, dengan jumlah 17 orang
siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall
dengan tujuh tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan,
pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, uji coba lapangan dan merevisi
hasil uji coba. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukkan bahwa produk buku saku
matematika,layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli
media diketahui bahwa produk buku saku dikategorikan “baik†dengan perolehan
skor 45 dan skor rata-rata 3,6 sedangkan ahli materi mendapat kategori “sangat
baik†dengan perolehan skor 67 dan skor rata-rata 4,4. Berdasarkan hasil respon
siswa terhadap buku saku matematika sangat tinggi yaitu dengan rata-rata
persentase komponen 82,3% yang merespon sangat baik. Kemudian berdasarkan
data hasil belajar, secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 72,9
dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,3%. Sehingga kesimpulannya menunjukkan
bahwa buku saku matematika layak diterapkan.
Kata Kunci: Pengembangan, buku saku, dan Matematika.