Abstract :
ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya interaksi pada anak
usia sekolah dasar dan kurangnya minat terhadap permainan modern. sedangkan
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan
permainan tradisional dengan permainan modern terhadap keterampilan anak usia
sekolah dasar di SDN 1 Rakam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini
adalah; Permainan tradisional lebih banyak memberikan dampak positif bagi anak
terutama pada keterampilan sosial anak seperti kemampuan mengatur pikiran, emosi,
dan perilaku untuk memulai dan memelihara hubungan atau interaksi dengan
lingkungan sosial secara efektif dibandingkan dengan permainan modern.
Kata Kunci: Permainan tradisional dengan permainan modern dan keterampilan anak
usia sekolah dasar