Abstract :
Tujuan penelitian adalah 1) menghasilkan aplikasi media pembelajaran
berbasis WILMO (Web-based Interactive Learning Module), 2) mengetahui seberapa
layak produk tersebut sebagai bahan ajar untuk SMK IP Al-madani, 3) untuk
mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis WILMO. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain
penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Jenis data
yang digunakan adalah kuantitatif pengumpulan data dilakukann dengan angket.
Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa hasil produk media pembelajaran berbasis WILMO di nyatakan
layak digunakan menurut ahli materi dengan presentase 78% sedangkan menurut ahli
media dinyatakan layak dengan presentase 72% dan hasil dari respon siswa
dinyatakan sangat tinggi dengan persentase 81%. Berdasarkan hal tersebut, maka
media pembelajaran berbasis WILMO ini layak digunakan sebagai sarana pendukung
pada proses pembelajaran di SMK.
Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, WILMO (Web-based Intractive
Learning Module)