Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media poster matematika
yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran matematika untuk kelas III
Sekolah Dasar (SD), dengan jumlah siswa 18 orang siswa. Jenis penelitian
merupakan penelitian dan pengembangan.
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan pengembangan
Borg And Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Akan tetapi berdasarkan kebutuhan
pengembangan yang akan peneliti lakukan maka tahapan tersebut disederhanakan
menjadi 7 tahapan yaitu diantaranya: analisis kebutuhan, perencanaan,
pengembangan produk, uji validasi ahli, revisi produk, data uji coba, revisi produk
akhir. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media
pembelajaran poster matematika layak digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk media
pembelajaran poster matematika dikategrikan “sangat baik†dan ahli materi
mendapatkan kategori “sangat baik†kriteria tersebut dapat dilihat dari : ahli media
dikategorikan sangat baik dengan prolehan skor 47 dan skor rata-rata 3,91,
sedangkan dari ahli materi dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 42
dan skor rata-rata 4,2. Berdasarkan hasil angket respon siswa dalam kategori
“sangat baik atau sangat meresponâ€, dengan perolehan 72,2%, dari 18 siswa.
Sehngga dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran poster
matematika memenuhi kriteria valid dan telah dikembangkan sesuai dengan
prosedur pengembangan media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, media poster matematika, valid, efektif