Abstract :
ABSTRAK
NURHASANAH: Analisis Kesulitan Guru Dalam Melakukan Penilaian Dengan
Menggunakan Kurikulum 2013 Di Gugus I & II Kecamatan Selong Tahun 2018.
Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD) Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing I : Dr. Aswasulasikin, M. Pd
Pembimbing II : Yul Alfian Hadi, M. Pd
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui kesulitan guru dalam melakukan penilaian. Populasi dalam penelitian
ini adalah sekolah di gugus I & II kecamatan Selong dengan sampel 2 sekolah
pada gugus I yaitu SDN 1 Selong dan SDN 3 Selong serta 3 sekolah pada gugus II
yaitu SDN 2 Pancor, SDN 3 Pancor dan SDN 4 Pancor. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa beberapa guru mengalami kendala dalam melakukan
penilaian. Dari tiga belas orang guru, terdapat empat orang guru yang mengalami
kesulitan pada penilaian sikap, tiga orang guru kesulitan pada aspek pengetahuan,
tiga orang pada aspek keterampilan, dua orang pada aspek sikap dan keterampilan
serta satu orang pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Kata Kunci: kendala guru, penilaian