Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui
kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca) dasar siswa
SD. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah di gugus I Masbagik Utara
kecamatan Masbagik dengan sampel 5 sekolah pada gugus I yaitu SDN 01, SDN
02, SDN 04, SDN 05 dan SDN 09 Masbagik Utara. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa beberapa sekolahkurang memahami kebijakan kurikulum
2013 dalam meningkatkan kemampuan literasi (membaca) dasar siswa. Dari lima
orang kepala sekolah, terdapat dua kepala sekolah yang kurang memahami akan
kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca) dasar siswa
dan dua puluh enam orang guru, terdapat tiga belas guru yang kurang setuju dan
paham akan kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca)
dasar siswa, serta dua puluh enam siswa, terdapat tiga belas siswa yang kebiasaan
membaca masih sangat rendah.
Kata Kunci: Kebijakan kurikulum 2013, kemampuan literasi (membaca) dasar