Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran everyone is a teacher here berbasis permainan tepuk tunggal ganda
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 7 Pringgasela tahun
pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen dengan desain
True-Eksperimental Design dalam bentuk posttest only control design. Populasi
dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 7 Pringgasela yang berjumlah 40
siswa. Sampel penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IIIA. Data dikumpulkan dengan
menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisa dengan menggunakan uji-t dan
didapatkan hasil t-hitung > t-tabel (2,515 > 1,672), jadi hipotesis Ho ditolak dan Ha
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran everyone is a teacher here berbasis permainan tepuk tunggal ganda
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 7 Pringgasela tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Everyone is a teacher here, hasil belajar.