Abstract :
Pendidikan pada zaman ini sudah ditingkatkan dalam pengembangan
kurikulum salah satunya dari segi pengembangan kurikulum pada kurikulum
2013. Kurikulum 2013 tenaga pendidik dan peserta didik dituntut untuk lebih
aktif, inovatif, dan kreatif dalam menentukan dan mengiplementasikan modelmodel pembelajaran yang tujuan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam
proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai. SDN 5 Dasan Lekong merupakan salah
satu Sekolah Dasar yang menggunakan atau menerapkan kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model desain
pembelajaran Gerlach dan Ely pada tema 2 selalu berhemat energi siswa kelas IV
SDN 5 Dasan Lekong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model interaktif melalui tahapan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasakan hasil penelitian dapat
dilaporkan bahwa Implementasi model desain pembelajaran gerlach and ely pada
pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi pada siswa kelas 4 di SDN 5 Dasan
Lekong sudah diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang
meliputi 5 tahapan dalam belajar, yaitu mengamati, menanya, mencoba,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Kata Kunci: Implmentasi, Model Desain Pembelajaran, Gerlach and Ely.