Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) berbantuanPermainan Monopoli Terhadap
Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas Vdi MI NW No.2 KelayuT.A
2018/2019. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre Experimental Design
dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini
adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 15 orang. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes berupa tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil
penelitian dan penghitungan uji-t, diperoleh t-hitung sebesar 7,51 dan t-tabel
sebesar 2,04 maka t-hitung > t-tabel yaitu 7,51 > 2,04 sehingga dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi pembelajaran Team Assisted
individualization berbantuan permainan monopoli memiliki pengaruh terhadap
hasil belajar siswa kelas V di MI NW No.2 Kelayu T/A 2018/2019.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization,
Monopoli, Hasil Belajar