Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh media sempoa berbantuan
model snowball throwing terhadap kemampuan berhitung matematika siswa kelas
II SDN 5 Masbagik Utara yang diajarkan dengan media sempoa berbantuan
model snowball throwing dengan yang tidak diajarkan dengan media sempoa
berbantuan model snowball throwing pada mata pelajaran matematika kelas II.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan
desain penelitian Posttest-Only Control Design.Tehnik pengumpulan data
menggunakan tes esay kemampuan berhitung, populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas II SDN 5 Masbagik Utara tahun pelajaran 2019/2020. Kelas
IIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Tehnik
analisis yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t hasil hipotesis
menunjukan bahwa thitung≥ 8,378 ttabel 2,086 yaitu yang berarti Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media Sempoa
berbantuan model snowball throwing terhadap kemampuan berhitung matematika
siswa kelas II SDN 5 Masbagik Utara tahun pelajaran 2019/2020.
KATA KUNCI: Media Sempoa berbantuan model snowbal throwing
,kemampuan berhitung