Abstract :
Kooperatif tipe murder adalah model pembelajaran yang
menekankan pentingnya kemampuan keterampilan verbal siswa dalam
mengulang informasi dan ide suatu materi pembelajaran. Sekarang ini masih
banyak sekolah yang masih menerapkan pembejaran model konvensional,
sehingga kadang siswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang ituitu saja. Untuk itu diperlukan adanya inovasi perubahan model
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan
hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional berbantu media
CD tutorial, (2) perbedaan keaktifan belajar siswa antara model
pembelajaran kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan
konvensional berbantu media CD tutorial. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang
digunakan adalah true experimental design bentuk Posttets only control.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK IP AL-MADANI
dengan jumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1
dan kelas X TKJ 2. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu
tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa
dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa.
Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test
dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada
perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran pembelajaran
kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional
berbantu media CD tutorial (dengan nilai signifikansi , ( ada
perbedaan keaktifan belajar siswa antara model pembelajaran pembelajaran
kooperatif tipe murder berbantu media CD tutorial dengan konvensional
berbantu media CD tutorial (dengan nilai signifikansi < 0,05).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Tipe
Murder , Hasil Belajar, Keaktifan Belajar.