DETAIL DOCUMENT
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA POKOK BAHASAN KOMUNIKASI DARING SISWA KELAS X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PEMBELAJARAN 2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HASMI, NURDATUL
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-24 07:32:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Desain bentuk Posttest-Only Cotrol Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN dengan jumlah 54 siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dan Angket minat belajar. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,02<0,05) ( ) tidak ada perbedaan minat belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,94>0,05). Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Turnament, Model pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Minat Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi