Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara
penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw
terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan antara penerapan model
pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap minat belajar
siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen.
Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental
Desain bentuk Posttest-Only Cotrol Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh kelas X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN dengan jumlah 54 siswa.
Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah sampling jenuh.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen
yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dan Angket minat belajar. Tes
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk
mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara model
pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai
signifikansi (0,02<0,05) ( ) tidak ada perbedaan minat belajar siswa antara
model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai
signifikansi (0,94>0,05).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Turnament, Model
pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Minat Belajar.