Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
handphone terhadap aktivitas belajar kelas V di SDN 4 masbagik Utara tahun
pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif. Data dan sumber data dari penelitian ini yaitu 2 guru kelas dan 1 wali
kelas V, serta siswa/siswi yang saya gunakan yaitu 30 orang siswa. Tekhnik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang
dilakukan peneliti yaitu sebagian besar siswa memiliki handphone yang
didalamnya memiliki aplikasi game dan sosial media serta penggunaan
handphone dengan durasi 3-12 jam perhari hal ini yang dapat mempengaruhi
aktivitas belajar siswa. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu
adanya pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan handphone yang dapat
mempengaruhi aktivitas belajar siswa kelas V di SDN 4 Masbagik Utara tahun
pelajaran 2019/2020. Berbagai macam dampak baik itu dampak positif maupun
dampak negatif yang ditimbulkan terutama yang sangat berpengaruh dan yang
ditemukan peneliti pada saat melakukan penelitian, lebih banyak dampak
negatifnya. Salah satunya yaitu anak yang terlalu sering menggunakan handphone
akan menyebabkan penurunan pada aktivitas belajarnya di sekolah.
Kata kunci: Handphone, Aktivitas Belajar