DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI MENGENAI POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PSIKOLOGI ANAK SD KELAS RENDAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 2 KESELET,TAHUN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ZULAIHA, SITI YOLANA
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-24 07:25:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mengenai pola asuh otoriter terhadap minat belajar dan psikologi anak SD kelas rendah dalam proses pembelajaran di SDN 2 Keselet tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang menjadi objek penelitian adalah siswa SD kelas rendah SDN 2 Keselet tahun 2019/2020 dan orang tua siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui persepsi mengenai pola asuh otoriter orang tua terhadap minat belajar dan psikmologi anak SD kelas rendah dalam proses pembelajaran di SDN 2 Keselet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pendapat orang tua mengenai pola asuh otoriter terhadap minat belajar dan psikologi anak SD kelas rendah dalam proses pembelajaran. Dari ketiga kelas yaitu kelas I,II, dan III SDN 2 Keselet peneliti ,mengambil sampel 10 orang siswa yang mempunyai minat belajar dan psikologi yang baik dan kurang baik. Dari sampel tersebut, 8 orang tua siswa mengaku tidak setuju dengan diterapkannya pola asuh otoriter terhadap anak SD kelas rendah dikarenakan akan berpengaruh terhadap minat belajar dan psikologi anak, dan 2 orang tua siswa mengaku setuju diterapkannya pola asuh otoriter terhadap anak SD kelas rendah dikarenakan anak akan lebih penurut kepada orang tua. Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Pola Asuh Otoriter, Minat Belajar dan Psikologi Anak. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi