Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mengenai pola asuh otoriter
terhadap minat belajar dan psikologi anak SD kelas rendah dalam proses
pembelajaran di SDN 2 Keselet tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Yang menjadi objek penelitian adalah siswa SD
kelas rendah SDN 2 Keselet tahun 2019/2020 dan orang tua siswa. Tehnik
pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi
secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang
dibutuhkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis data
model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui persepsi mengenai pola asuh otoriter
orang tua terhadap minat belajar dan psikmologi anak SD kelas rendah dalam
proses pembelajaran di SDN 2 Keselet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat beberapa pendapat orang tua mengenai pola asuh otoriter terhadap minat
belajar dan psikologi anak SD kelas rendah dalam proses pembelajaran. Dari
ketiga kelas yaitu kelas I,II, dan III SDN 2 Keselet peneliti ,mengambil sampel 10
orang siswa yang mempunyai minat belajar dan psikologi yang baik dan kurang
baik. Dari sampel tersebut, 8 orang tua siswa mengaku tidak setuju dengan
diterapkannya pola asuh otoriter terhadap anak SD kelas rendah dikarenakan akan
berpengaruh terhadap minat belajar dan psikologi anak, dan 2 orang tua siswa
mengaku setuju diterapkannya pola asuh otoriter terhadap anak SD kelas rendah
dikarenakan anak akan lebih penurut kepada orang tua.
Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Pola Asuh Otoriter, Minat Belajar dan
Psikologi Anak.