Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan e-learning berbasis moodle
sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas)
Multimedia SMK Negeri 1 Sikur serta untuk mengetahui kelayakan dari media
pembelajaran e-learning berbasis moodle. Jenis penelitian ini menggunakan
metode R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan
ADDIE. Sampel penelitian menggunakan 30 siswa yang diambil secara random
dari kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas) Multimedia. Sebelum dilakukan
ujicoba terhadap responden terlebih dahulu media pembelajaran diujicoba
kelayakan oleh ahli media, sehingga didapatkan persentase kelayakan dari ahli
media dengan rerata 74% dan dikategorikan “Layakâ€. Penelitian dilakukan pada
tanggal 21 januari 2019 di SMK Negeri 1 Sikur. Teknik pengumpulan data respon
den menggunakan angket. Data dianalisis melalui uji coba pengguna, uji validitas
instrumen. Pada hasil uji coba responden didapatkan persentase 98% dari semua
soal angket yang diberikan, yang menunjukkan bahwa respon dari pengguna
terhadap media pembelajaran e- learning berbasis moodle dikatakan “Positifâ€.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Moodle, R&D