Abstract :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh evektivias
model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan
deskriftif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Dasan
Baru Inpres tahun pelajaran 2018/2019. Adapun desain penelitian yang digunakan
adalah Quasy Experimental Design, dengan bentuk Posttest-Only Control Design,
pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara
random. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dasan Baru
Inpres dengan jumlah siswa 31 orang yang menjadi kelas eksperimen, dan siswa
kelas IV SDN Pemepek dengan jumlah siswa 27 orang jadi kelas kontrol. Tehnik
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes uraian. Data dianalisis
menggunakan uji t dua pihak dengan metode sampel related varian. Kemudian
dari pengujian hipotesis dengan uji t didapat thitung> ttabel (5,539 > 1,672) maka
hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima yang artinya ada pengaruh model
pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif
pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Dasan Baru Inpres tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), kemampuan menulis
karangan deskriptif