Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untu kmengetahui pengaruh dan perbedaan pendekatan
integrative terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa pada materi
Teks karangan argumentasi pada siswa kelas V MI NW 05 Pancor Tahun pelajaran
2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu
seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 54 orang siswa dan di bagi menjadi 2
kelas.dari 2 kelas populasi tersebut kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah siswa 27 orang dan kelas V B sebagai kelas control dengan jumlah siswa 27
orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Untuk uji prasyarat
data dilakukan dengan ujinormalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat
dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F, sedangkan tekhnik uji
hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan
dapat diketahui hasil menulis karangan argumentasi siswa pada kelas eksperimen
termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,61, dan hasil menulis
karangan argumentasi siswa kelas control termasuk dalam kategori cukup dengan
nilai rata-rata 57,24. Dari hasil uji t yang sudah dilakukan di peroleh thitung =
5,398,dimana ttabel dengan dk = 54, dan taraf signifikansi 0,05 untuk uji dua fihak =
2,021. Ternyata diperoleh thit > ttab atau 5,398>2,021. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan integrative terhadap hasil menulis
karangan argumentasi siswa.
Kata kunci: pendekatan integrative, Kemampuan, Menulis, karangan argumentasi.