DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V MI NW 05 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
NURTI, NURTI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-25 03:54:15 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untu kmengetahui pengaruh dan perbedaan pendekatan integrative terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa pada materi Teks karangan argumentasi pada siswa kelas V MI NW 05 Pancor Tahun pelajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 54 orang siswa dan di bagi menjadi 2 kelas.dari 2 kelas populasi tersebut kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas V B sebagai kelas control dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan ujinormalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F, sedangkan tekhnik uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui hasil menulis karangan argumentasi siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,61, dan hasil menulis karangan argumentasi siswa kelas control termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 57,24. Dari hasil uji t yang sudah dilakukan di peroleh thitung = 5,398,dimana ttabel dengan dk = 54, dan taraf signifikansi 0,05 untuk uji dua fihak = 2,021. Ternyata diperoleh thit > ttab atau 5,398>2,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan integrative terhadap hasil menulis karangan argumentasi siswa. Kata kunci: pendekatan integrative, Kemampuan, Menulis, karangan argumentasi. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi