DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA PAPAN PLANEL DENGAN METODE EJA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I MI NW SELONG TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AIDA, NURUL
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-25 04:02:11 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan planel dengan metode eja terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI NW Selong tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I NW Selong tahun Pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sehingga didapatkan kelas IB sebagai sampel penelitian Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay untuk mengetahui keterampilan membaca siswa. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan analisis hasil pretest posttest. Hasil tes pada preetest didapatkan hasil rata-rata 37,313 sedangkan untuk data posttest nilai keterampilan membaca sisa diperoleh rata-rata 73,63. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas data dengan uji F, sedangkan untuk teknik uji hipotesis menggunakan analisis chi kuadrat. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,755> 2,155. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan media papan planel dengan metode eja terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 MI NW Selong tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: media papan planel, metode eja, keterampilan membaca 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi