Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan planel
dengan metode eja terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI NW Selong
tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I NW Selong tahun
Pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple
random sampling. Sehingga didapatkan kelas IB sebagai sampel penelitian
Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest design. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes essay untuk mengetahui keterampilan
membaca siswa. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan
reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan analisis hasil pretest
posttest. Hasil tes pada preetest didapatkan hasil rata-rata 37,313 sedangkan untuk
data posttest nilai keterampilan membaca sisa diperoleh rata-rata 73,63. Untuk uji
prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji
homogenitas data dengan uji F, sedangkan untuk teknik uji hipotesis
menggunakan analisis chi kuadrat. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel
yaitu 2,755> 2,155. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan media
papan planel dengan metode eja terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 MI
NW Selong tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: media papan planel, metode eja, keterampilan membaca