Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar pada kelas X di SMKN 1
Sikur tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah true
experimental bentuk posttest-only control desain. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X TKJ SMKN 1 Sikur yang berjumlah 61 siswa dengan
sampel penelitian kelas X TKJ1 kelompok kontrol yang berjumlah 30 siswa, dan
kelas X TKJ2 kelompok eksperimen dengan jumlah 31 siswa dengan
menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data yaitu tes multiple choice yang berjumlah 30 soal. Tes digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan indepedent
samples t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
model blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai
Thitung= 5,400 dan Ttabel= 1,671 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga
model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran pemrograman dasar pada siswa kelas X SMKN 1 Sikur
Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Blended Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar.