Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran
PjBL berbantuan media w3school.com terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran
pemrogaman web kelas X Multimedia di SMK Babussalam. (2) pengaruh model
pembelajaran PjBL berbantuan media w3school.com terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran pemrogaman web siswa kelas X Multimedia di SMK Babussalam. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode
eksperimen. Desain yang digunakan adalah True Eksperimental Design bentuk
Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X
Multimedia yang berjumlah 60 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X
Multimedia A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas X
Multimedia B sebagai kelas control yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan software SPSS.
Hipotesis diterima jika taraf signifikansi Ï< 0,05 dan Thitung > Ttabel . Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa Ha1 diterima dengan nilai (3,366>2,001) dan Ha2 diterima
dengan nilai yaitu (8,035>2,001).
Kata Kunci : Project Based Learning, w3schoool.com, Keaktifan Belajar, Hasil
Belajar.