DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) BERSIFAT KONVENSIONAL DI SDN 4 TETEBATU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AINI, NURUL
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-25 06:06:13 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat konvensional di SDN 4 Tetebatu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap perencanaan, pengumpulan data awal, data utama dan data akhir, serta penyelesaian. Sumber data yaitu guru kelas satu sampai kelas enam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 4 Tetebatu. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, Observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu menurut Miles dan Hubermen yaitu teknik analisis model intraktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu Reduksi data, penyajian data dan Verification. Penelitian faktor penyebab masih digunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SDN 4 Tetebatu yaitu: media ilmu pengetahuan sosial yang tersedia tidak memadai, sumber pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tidak bervariasi, materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial luas, penilaian yang hanya menggunakan tes dan tujuan materi pembelajaran lebih ke pengetahuan kognitif, kurangnya pengembangan model pembelajaran, kurangnya penguasaan model pembelajaran yang bervariasi dan mudah mengatur siswa. Kata kunci: Analisis, Model Konvensional, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi