Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial bersifat konvensional di SDN 4 Tetebatu. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap perencanaan,
pengumpulan data awal, data utama dan data akhir, serta penyelesaian. Sumber data
yaitu guru kelas satu sampai kelas enam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di
SDN 4 Tetebatu. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, Observasi dan
dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber, teknik dan
waktu. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu menurut Miles dan Hubermen
yaitu teknik analisis model intraktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu Reduksi
data, penyajian data dan Verification. Penelitian faktor penyebab masih digunakan
model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di
SDN 4 Tetebatu yaitu: media ilmu pengetahuan sosial yang tersedia tidak memadai,
sumber pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tidak bervariasi, materi pembelajaran
ilmu pengetahuan sosial luas, penilaian yang hanya menggunakan tes dan tujuan
materi pembelajaran lebih ke pengetahuan kognitif, kurangnya pengembangan model
pembelajaran, kurangnya penguasaan model pembelajaran yang bervariasi dan mudah
mengatur siswa.
Kata kunci: Analisis, Model Konvensional, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial