Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
CDtutorial Interaktif pada mata pelajaran pemrograman dasar java kelas X di
SMKN 1 Selong, serta untuk mengetahui respon pengguna terhadap media
tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development).
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE
(analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis pengumpulan
datanya adalah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa validasi media bahan ajar berbasis CD tutorialinteraktif ini mendapatkan
skor 70% pada aspek tampilan dan memasuki kategori layak 80% pada aspek
perangkat lunak memasuki kategori sangat layak. Kemudian pada validasi ahli
materi mendapat skor 86% dan 88% pada aspek isi dan desain pembelajaran yang
masuk dalam kategori sangat layak. Kemudian untuk respon penguna populasi
pada penelitian ini adalah adalah kelas X (sepuluh) RPL 2 dengan jumlah 30
siswa. Penelitian ini dilakukan tanggal 20 September 2019 di SMK Negeri 1
Selong. Pada hasil uji coba diperoleh persentase sebesar 89 % yang menunjukkan
bahwa bahan ajar berbasis CD tutorial Interaktif pada mata pelajaran java ini
sangat layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, CD Interaktif, Pemrograman Dasar Java.