Abstract :
ABSTRAK
Analisis Penyebab Kurangnya Penguasaan Lagu Wajib Nasional Pada Mata
Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV DI
MI NW NO. 05 PANCOR.
Nurul Ilmiati
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada banyaknya siswa sekolah
dasar kurang menguasai lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penyebab kurangnya
penguasaan lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan kelas IV di MI NW NO.05 Pancor. Tujuannya untuk mengetahui
penyebab kurangya penguasaan lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan kelas IV di MI NW NO. 05 Pancor.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
penelitian menggunakan tehnik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penyebab kurangnya penguasaan lagu wajib
nasional pada kelas IV diantaranya: 1) dalam pembelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan guru tidak mengajarkan materi tentang lagu wajib nasional, 2) guru
mengajarkan materi lagu wajib nasional ketika ada kaitannya dalam pembelajaran
Pendidikan KewargaNegaraan, 3) materi Seni Budaya dan Keterampilan lebih
memfokuskan kepada keterampilan menggambar, 4) tidak adanya tekanan dari
pihak guru untuk menghapal maupun menulis lagu wajib nasional dirumah, 5)
fasilitas berupa buku pedoman tentang kumpulan nyanyian lagu wajib nasional
hanya dimiliki oleh guru/wali kelas dan 6) dalam kesehariannya siswa lebih sering
mendengarkan lagu sasak, dangdut, pop dibandingkan lagu wajib nasional.
Solusinya: 1) menyanyikan lagu wajib nasional diawal pembelajaran, 2) memberi
tugas menghapal lagu wajib nasional di rumah, 3) orang tua tetap mengontrol
anak-anaknya, 4) orang tua tidak memutar lagu dewasa ketika bersama anak, 5)
TV sering memunculkan lagu wajib nasional dan 6) adanya fasilitas yang
memadai dari pihak sekolah.
Kata Kunci: lagu wajib nasional, seni budaya dan keterampilan.