DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI SISTEM OPERASI OPEN SOURCE KELAS X TKJ SMKN 3 SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
LESTARY, SUCI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-25 07:57:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan CD Interaktif terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Selong. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKJ SMKN 3 Selong tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penenlitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan kelas X TKJ-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa, kedua kelas di beri perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensuonal (ceramah). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes yang berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif terhadap hasil belajar instalasi sistem operasi open source di SMKN 3 Selong. Hal ini terbukti dengan hasil analisis pada uji hipotesis dengan kriteria jika (� < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, sebaliknya jika (� > 0,05) maka Ha ditolak dan H0 diterima, didapatkan nilai (� < 0,05), yaitu 0,000 < 0,05 Kata Kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, CD Interaktiif, Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi