Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran
Tutor Sebaya berbantuan CD Interaktif terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri
3 Selong. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKJ SMKN 3
Selong tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan
sampel dalam penenlitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah siswa 30 dan kelas X TKJ-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah
31 siswa, kedua kelas di beri perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dan kelas kontrol menggunakan
model pembelajaran konvensuonal (ceramah). Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu tes yang berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan
bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran tutor
sebaya efektif terhadap hasil belajar instalasi sistem operasi open source di
SMKN 3 Selong. Hal ini terbukti dengan hasil analisis pada uji hipotesis dengan
kriteria jika (� < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, sebaliknya jika (� >
0,05) maka Ha ditolak dan H0 diterima, didapatkan nilai (� < 0,05), yaitu 0,000 <
0,05
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, CD Interaktiif, Hasil Belajar.