Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran
PBT terhadap minat belajar siswa; (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran
PBT terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental
Design bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMKN 1 Praya dengan jumlah 84 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan diperoleh kelas
X TKJ sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas X RPL
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan berupa
tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket
digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan
adalah Independent Sample T Test dengan bantuan software SPSS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PBT berpengaruh
signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu 7,996>2,006
dan sig(2-tailed) 0,000<0,05; (2) model pembelajaran PBT berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu 4,537>2,006
dan sig(2-tailed) 0,000<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
menggunakan model pembelajaran PBT berpengaruh terhadap pembelajaran
pemrograman dasar.
Kata Kunci : Production Based Training, Minat Belajar, Hasil Belajar.