DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN BANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITI SISWA PADA MATA PELAJARAN WAN DI KELAS XI TKJ SMK 1 PRAYA 2019/2020.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ROSIDAWATI, YUYUN
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-25 08:37:10 
Abstract :
Guru sebagai salah satu komponen dalam proses pembelajaran harus terampil dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat sehingga berdampak kepada kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran explicit instruction dan media kahoot adalah salah satu model dan media pembelajaran yang dapat membuat membuat siswa aktif, termotivasi, dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran WAN. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ 1 di SMKN 1 Praya dengan jumlah 62 siswa dengan menggunakan sampel jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model explicit instruction berbantuan media kahoot berpengaruh signifikan terhadap berpikir kritis siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3.421>1.671 dan sig(2-tailed) 0,001<0.05 (Ha diterima H0 ditolak). Kata Kunci : Model Explicit Instruction, Media Kahoot, Berpikir Kritis. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi