Abstract :
Guru sebagai salah satu komponen dalam proses pembelajaran harus
terampil dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat sehingga
berdampak kepada kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran explicit
instruction dan media kahoot adalah salah satu model dan media pembelajaran
yang dapat membuat membuat siswa aktif, termotivasi, dan mampu
mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran explicit instruction berbantuan media kahoot terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa dalam pembelajaran WAN. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI TKJ 1 di SMKN 1 Praya dengan jumlah 62 siswa dengan
menggunakan sampel jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah
Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah
angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Independent Sample T Test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model explicit instruction berbantuan media kahoot
berpengaruh signifikan terhadap berpikir kritis siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu
3.421>1.671 dan sig(2-tailed) 0,001<0.05 (Ha diterima H0 ditolak).
Kata Kunci : Model Explicit Instruction, Media Kahoot, Berpikir Kritis.