Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara media sosial
online facebook dengan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPA SDN 2 Pancor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling
yaitu purposive sampling. Jumlah kelas V secara keseluruhan sebanyak 42 siswa,
kemudian yang menjadi sampel berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Pengujian pesyaratan analisis
data menggunakan uji normalitas data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi
product moment. Hasil hipotesis pada uji hipotesis pertama dengan N=32
diperoleh rxy = 0,0864 < rtabel = 0, 349 sedangkan pada uji hipotesis kedua dengan
N=32 diperoleh rxy = 0,0385 < rtabel = 0, 349. Berdasarkan hasil uji hipotesis
pertama maka dapat diketahui Ho diterima dan Ha ditolak begitupun dengan hasil
uji hipotesis kedua maka dapat diketahui Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat adanya korelasi antara media sosial
online facebook dengan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPA SDN 2 Pancor tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Media Sosial Online Facebook, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar