Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanMedia Pembelajaran Sparkol
Video Scribe di Sekolah Dasar dan mengetahui kelayakan serta respon
siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahResearch and
Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Borg And Gall.
Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari langkah-langkahsebagai berikut :1) Analisis
Kebutuhan, 2) Desain Produk, 3) Pembuatan Produk, 4) Validasi Produk, 5)
Revisi, 6) Uji Coba, 7) Revisi Produk.Dalam penelitian ini, untuk mengetahui
kelayakan produk dilakukan validasi oleh tim ahli sebelum diujicobakan dan
subyek uji coba dalam penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas IV di SDN 02
Kotaraja.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konversi
data kuantitatif ke data kualilatif skala lima untuk validasi media pembelajaran
Sparkol Video Scribe dan menghitung persentase untuk mengetahui respon siswa
terhadap media pembelajaran Sparkol Video Scribe. Hasil penelitian menurut tim
ahli secara umum berkategori layak dengan nilai dari masing-masing ahli yaitu,
ahli media 3,85 dan ahli materi 3,63 serta respon siswa terhadap media
pembeljaran Sparkol Video Scribe dinyatakan sangat baik dengan jumlah
keseluruhan skor 87 dengan rata-rata 4,35. Sehingga dapat disimpulkan media
pembelajaran Sparkol Video Scribe layak digunakan terhadap pembelajaran Ilmu
pengetahuan Alam di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, SparkolvIdeo Scribe,
RangkaManusia