Abstract :
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI
KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN TERINTEGRASI TEORI
BELAJAR DIENES PADA KELAS IV DI SDN 8 SAKRA TAHUN AJARAN
2017/2018
Pahmiwati
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Email: Pahmiwati.minamy
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika
materi kelipatan dan faktor bilangan pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg
& Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 5 tahap yaitu analisis
kebutuhan, desain dan planing (perencanaan),validasi, uji coba lapangan dan
revisi uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 8 Sakra
sebanyak 25 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
meliputi lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh pada
penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk
analisis hasil validasi dan skala empat untuk analisis angket respon siswa. Hasil
validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan menunjukkan
kualifikasi sangat baik dan baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 51
dengan rata-rata 4,6 sedangkan nilai dari ahli tampilan 21 berjumlah dengan ratarata 2,62. Hasil respon siswa memperoleh nilai keseluruhan 1079 dengan
rata-rata 43,16 dan termasuk dalam rentang nilai 47,96> X ≥ 43,16. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada bahan ajar adalah baik atau tinggi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahan ajar efektif digunakan dalam
pembelajaran matematika.
Kata Kunci: bahan ajar, teori belajar dienes, matematika