Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca siswa
siswa kelas IV SDN 3 Sikur tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto.Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV A tahun ajaran 2017/2018 yang sekaligus menjadi
sampel penelitian, sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik sampel jenuh.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes dan angket. tes dan angket yang
digunakan diambil dari PIRLS Framework dan dikembangkan oleh peneliti.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca yang diperoleh, terbagi menjadi
tiga kategori yang berbeda, yaitu 2 siswa (8%) berada pada kategori tinggi, 19
siswa (73%) berada pada kategori sedang dan 5 siswa (19%) berada pada kategori
rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca siswa juga
yaitu minat membaca berbagai jenis buku bacaan yang rata-rata berada pada
kategori sedang yaitu 15 siswa ( 59%) dari 26 siswa secara keseluruh kelas IV A
SDN 3 Sikur Kecamtan Sikur.
Kata kunci: tingkat literasi membaca, minat membaca, PIRLS framework.