Abstract :
ABSTRAK
Abdul Alim: 2017 Pengembangan media jemran alfabet berbasis teknik tunjuk
abjad pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI
Tgh. Muh Shadruddin NW Suralaga tahun ajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media jemuran alfabet
pada keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI TGH. M. Shadruddin
NW Suralaga tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini
dilakukan di MI TGH. M. Shadruddin NW Suralaga pada bulan September 2017.
Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah: Analisis, desain, devlovmen,
implementation, evaluation. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya
dengan validasi oleh ahli materi da n ahli media . Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi dan angket penilaian lisan
siswa. Dari hasil validasi ahli media diperoleh jumlh sekor 57 dengan rentan sekor
44,22< X <54,66 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli
materi memperoleh jumlah sekor 71 dengan rentan skor 57,8 < X < 71,4 yang
termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket penilaian lisan siswa
memperoleh jumlah nilai 1.257 dengan rata-rata 78,56 adapun siswa yang
dikategorikan tuntas adalah 14 orang siswa dan siswa yang dikategorikan belum
tuntas adalah 2 orang dari 16 orang. Media jemuran alfabet pada keterampilan
membaca permulaan untuk siswa kelas I dapat dikategorikan layak digunakan
dalam belajar membaca.
Kata kunci: Media jemuran alfabet, teknik tunjuk abjad, keterampilan membaca
permulaan.