Abstract :
ABSTRAK
Antoya. 12110251 “Pengaruh Penggunaan Media Mindjet Mindmanager
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDI Darul
Azizi Batutambun Desa Aikmual Tahun Pelajaran 2016/2017†Skripsi:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan
media mindjet mindmanager terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran IPA di SDI Darul Azizi Batutambun.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa
kelas IV SDI Darul Azizi Batutambun desa Aikmual Tahun Pelajaran 2016/2017.
Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Desain Penelitian yang digunakan adalah
“Quasy Experimental Design†dengan jenis Nonequivalent Control Group
Designâ€. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes prestasi
belajar yang diberikan di awal sebagai pree-test dan di akhir penelitian sebagai
post-test. Data kemudian dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Hasil pengujian
menunjukkan untuk data yang terdistribusi normal dan homogen, didapatkan
bahwa thitung sebesar 2, 11, dengan kriteria jika thitung > ttabel maka Ha di terima dan
Ho di tolak, atau jika thitung ttabel Ho di terima dan Ha di tolak. Sedangkan nilai
ttabel yang didapatkan setelah melakukan pengujian sebesar 1, 68 dengan dk = 50.
Karena hasil thitung  ttabel (2, 11  1, 68), maka hipotesis dapat diterima. Hasil ini
menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan
media mindjet mindmanager terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDI
Darul Azizi Batutambun Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Media Mindjet mindmanager, prestasi belajar