Abstract :
ABSTRAK
Aprial Hamidi. Pengembangan Media Komik Pada Mata Pelajaran IPS Siswa
Kelas IV SDN 03 Sambelia Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik untuk pada
pembelajaaran IPS untuk siswa kelas IV SDN 03 Sambelia. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang
mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilakukan di SDN
Sambelia pada bulan Agustus 2017. Penelitian dilakukan dengan langkahlangkah: Analisis, desain, produksi, validitas, uji coba skala kecil (lapangan),
revisi produk akhir. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan
validasi oleh ahli materi dan ahli. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,3
yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli materi memperoleh
skor rata-rata 4,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket respon
siswa memperoleh meperoleh skor 274 untuk jawaban siswa yang memilih “yaâ€
dengan presentase 99,28% dan hasil angket respon siswa untuk jawaban siswa
yang memilih “tidak†memperoleh skor 2 dengan prsentase 0,72%. Berdasarkan
hasil dari tim validasi dan hasil angket respon siswa yang didapatkan, Media
komik untuk pembelajaran IPS siswa kelas IV layak digunakan dan mampu
memotivasi siswa dalam belajar.
Kata kunci: Media komik, Pembelajaran IPS, Motivasi siswa.