Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat
peraga cangplung (cara berhitung cemplung) terhadap hasil belajar matematika
kelas II SDN 1 Marong Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Selong: Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi, Oktober 2017. “Jenis penelitian
yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan
yaitu dengan menggunakan Per-Eksperiment, bentuk desain Per-Eksperiment
yang digunakan adalah one group prestest posttes desaign. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas II SDN 1 Marong Tahun Pelajaran 2017/2018
yang berjumlah 24 siswa. Cara pengambilan sampelnya adalah Sampling Jenuh.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Setelah
analisa data dilakukan, diperoleh data koefisien determinasi yaitu 0,807 dengan
hasil belajar matematika siswa sebesar 80,7% yang berarti bahwa pembelajaran
dengan menggunakan alat peraga cangplung (cara berhitung cemplung). Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga cangplung
(cara berhitung cemplung) terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 1
Marong Tahun 2017/2018.
Kata kunci: alat perga cangplung (cara berhitung cemplung) dan hasil belajar.