Abstract :
Diliihat dari sisi konsumen, ada berbagai aspek yang mempengaruhi
konsumen untuk membeli suatu kendaraan bermotor. Hal ini karena masingmasing orang memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelompok umur dan profesi
apa saja yang menjadi pelanggan potensial di SPS Motor Honda Lombok Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik deskriptif, dimana
peneliti mengambil data-data penjualan sepeda motor dari SPS Motor Honda
Lombok Timur, yang selanjutnya diolah dan di analisis menggunakan Softwre
Rapidminer 5. Hasil analisis data tersebut selanjutnya dideskripsikan dengan
detail mengenai kelompok pelanggan potensial.Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok yang termasuk dalam
pelanggan potensial dari SPS Motor Honda Lombok Timur adalah kelompok
dengan kriteria umur berkisar 33-46 tahun yang berprofesi sebagai wiraswasta dan
petani, Hal ini disebabkan karena, pelanggan tersebut memiliki penghasilan
dengan usia produktif. Sedangkan kelompok pelanggan yang tidak potensial ada 2
irisan yaitu yang pertama apabila kategori usia produktif tapi tidak memiliki
penghasilan dengan rentang umur 17-32 tahun dengan profesi pelajar dan
wiraswasta. Kedua yaitu, apabila kategori usia tidak produktif dengan rentang usia
47-73 tahun dan tidak memiliki penghasilan dengan profesi petani dan wiraswata.
Kata kunci: Pelanggan Potensial, SPS Motor, Rapidminer 5.