Abstract :
ABSTRAK
BQ USWATUN HASANAH. (2017). Pengaruh Permainan Kartu kuartet
Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Kelas V SDN 04 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD), Universitas Hamzanwadi Selong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu
kuartet terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V
SDN 04 Korleko Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan
penelitiaan eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan pre eksperimen
dengan desain One-Group Pretest-Postest Design, teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah sampling jenuh, sehingga subjek penelitian ini
seluruh kelas V dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa 20 soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan anlisis data
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) memperoleh nilai ratarata 57, sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan 75,6. Untuk uji
normalitas digunakan rumus chi-kuadrat dimana hasil pretest dan posttest adalah
x
2
hitung pretes = 6,57 dan x
2
hitung posttest = 7,23 dengan x
2
tabel = 11,070. Maka
diperoleh kedua data berdistribusi normal karena x
2
hitung < x
2
tabel. Untuk hasil uji
homogenitas tes didapatkan Fhitung = (1,73) < Ftabel = (4,20), maka data homogen.
Sedangkan dari hasil uji hipotetsis pada tarap signifikan 5% diperoleh thitung >
ttabel yaitu 6,16 > 1,6778 ini menunjukkan Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini
berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh Permainan
Kartu kuartet Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Kelas V SDN 04 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Kata kunci: Permainan Kartu Kuartet, Kemampuan Kognitif.