DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MI NW DAMES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
LIANA, SOFIANI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-03-03 03:52:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III MI NW Dames Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol keseluruhannya berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design bentuk Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perintah/ instruksi membaca teks cerita, data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu (15,294>2,048) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu kata terhadap keterampilan membaca siswa kelas III MI NW Dames pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Keterampilan Membaca 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi