Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Kata
Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III MI NW Dames Pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
menggunakan eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA sebagai
kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol keseluruhannya berjumlah
30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design
bentuk Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
perintah/ instruksi membaca teks cerita, data dianalisis menggunakan uji-t dua
pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung
>ttabel yaitu (15,294>2,048) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu kata terhadap keterampilan
membaca siswa kelas III MI NW Dames pada mata pelajaran bahasa Indonesia
tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Media Kartu Kata, Keterampilan Membaca