Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan berbasis
psikolinguistik terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas II
MI NW Rekat Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II
semester ganjil MI NW Rekat Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari
16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan yaitu bercerita di
hadapan semua siswa kelas II untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa
yang menggunakan metode permainan berbasis psikolinguistik. Setelah data
terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil pretest dan posttest. Hasil tes pada
pretest mencapai rata-rata 57 Kemudian pada saat posttest rata-rata meningkat
menjadi 74,31. Peningkatan yang terjadi dalam keterampilan berbicara dari
pretest ke posttest menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Untuk uji prasyarat
data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, sedangkan teknik
uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh
thitung > ttabel yaitu 4,25 > 2,75. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu
ada pengaruh signifikan pada penggunaan metode permainan berbasis
psikolinguistik terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II MI NW Rekat Lauq
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : metode permainan, psikolinguistik, keterampilan berbicara