Abstract :
ABSTRAK
Devi Riki Astriani ( 2017). Pengaruh pembelajaran problem based learning
melalui pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar IPA kelas
V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018â€. Skripsi. Selong,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem
based learning melalui pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar
IPA kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik nonprobability sampling. Kelas V SDN 4 Mamben
Lauk sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas V SDN 1 Mamben Lauk sebagai
kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control
design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis
menggunakan uji-t dua pihak yaitu polled varian dengan taraf signifikan 5%.
Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,74 > 1,99) yang berarti
H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
pembelajaran problem based learning melalui pembelajaran explicit instruction
terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran
2017/2018.
Kata Kunci: Problem based learning, explicit instruction, hasil belajar.