Abstract :
Penelitian ini mengetahui efektifitas keterampilan membaca melalui
media komik lokal pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitiannya adalah
siswa kelas IV MI NW No.4 Pancor. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan tes hasil jawab soal. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa
data kuantitatif. Teknik analisis data yang dignakan adalah ekspert judment ini
menggunakan selaka lima untuk analisis validasi. Hasil validasi instrumen dari
ahli instrumen menunjukkan kualifikasi “sangat baik†nilai ahli diperoleh
keseluruhannya 66 dengan rata-rata 4,4. Tes akhir hasil belajar siswa
menunjukkan terdapat kesismpulan bahwa keterampilan membaca cerita siswa
tergolong sedang yakni pada nilai pretest 13 siswa tergolong berkemampuan
sedang, sedangkan pada posttest 13 siswa yang tergong berkemampuan sedang,
namun nilai rata-rata berbeda yaknik pretest 63 dan posttest 79. Sehingga
berdasarkan tabel konversi nilai, bahwa respon siswa terhadap media komik lokal
keterampilan siswa sudah cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan
membaca siswa melalui media komik lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia
kelas IV MI NW No. 4 Pancor tergolong sedang.
Kata kunci: Keterampilan Membaca, Media Komik Lokal