Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara
siswa kelas V SDN 2 Kembang Kerang menggunakan model pembelajaran
dramatic learning. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa dengan 10 laki-laki dan
12 perempuan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus, Masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan Rubrik penilaian berbicara. Data dianalisis
menggunakan Statistik deskriptif untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian
menunjukan aktivitas guru siklus I skor 58 atau 63% kategori “baikâ€, siklus II
skor 80 atau 86,95% kategori “baik sekaliâ€. Observasi aktivitas siswa siklus I skor
30 atau 64,58% kategori “baik†siklus II skor 43 atau 89,6% kategori “baik
sekaliâ€. Sedangkan rubrik penilaian berbicara siklus I kondisi awal skor 2 kategori
“cukup†dan ketuntasan klasikal 60,2%, meningkat menjadi skor 2 kategori
“cukup†dan ketuntasan klasikal 68,1%.
Pada sikus II keterampilan berbicara mengalami peningkatan dengan kondisi awal
skor 2 kategori “cukup†dan ketuntasan klasikal 68,1%, meningkat menjadi skor 3
kategori “baik†dan ketuntasan klasikal 77,2%. Jadi, dapat disimpulkan
penggunaan dramatic learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kata Kunci: dramatic learning , keterampilan berbicara.