DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 02 KEMBANG KERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HARTINI, SRI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-03-03 04:30:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Kembang Kerang menggunakan model pembelajaran dramatic learning. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa dengan 10 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus, Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan Rubrik penilaian berbicara. Data dianalisis menggunakan Statistik deskriptif untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru siklus I skor 58 atau 63% kategori “baik”, siklus II skor 80 atau 86,95% kategori “baik sekali”. Observasi aktivitas siswa siklus I skor 30 atau 64,58% kategori “baik” siklus II skor 43 atau 89,6% kategori “baik sekali”. Sedangkan rubrik penilaian berbicara siklus I kondisi awal skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 60,2%, meningkat menjadi skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 68,1%. Pada sikus II keterampilan berbicara mengalami peningkatan dengan kondisi awal skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 68,1%, meningkat menjadi skor 3 kategori “baik” dan ketuntasan klasikal 77,2%. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan dramatic learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata Kunci: dramatic learning , keterampilan berbicara. 

File :
SKRIPSI 1.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi