Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media crossword
puzzle berbasis komputer dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 2
Terara tahun pelajaran 2017-2018. 2) mengetahui kelayakan produk media
crossword puzzle berbasis komputer dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V
SDN 2 Terara tahun pelajaran 2017-2018 berdasarkan validasi/penilaian ahli
materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran IPA. 3) mengetahui pendapat/respon
siswa mengenai penggunaan media crossword puzzle berbasis komputer dalam
pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan
(Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (analysis, design,
development, implementation, evaluation) namun hanya dilaksanakan pada tahap
implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi
pembelajaran IPA dan diuji cobakan kepada 28 siswa kelas pada siswa kelas V
SDN 2 Terara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis
produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam
materi alat pernapasan pada manusia adalah Crossword Puzzle berbasis komputer.
2) Design, pada tahap ini peneliti membuat desain media (storyboard);
penyusunan materi, soal dan jawaban; pengumpulan dan pembuatan background,
gambar, dan tombol; perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan serta
penyusunan instrumen penilaian media dilanjutkan ke tahap pengembangan
media. 3) Development, pada tahap ini dilakukan pembuatan media, validasi ahli
materi dan ahli media, revisi media, dan validasi oleh guru IPA. Tingkat
kelayakan media crossword puzzle berbasis komputer berdasarkan penilaian: (1)
ahli materi diperoleh nilai aktual 108 termasuk kategori “Layak†(2) ahli media
diperoleh nilai aktual 45 termasuk kategori “Layak†(3) praktisi pembelajaran IPA
diperoleh nilai aktual 128 termasuk kategori “Layakâ€. 4) Implementation, pada
tahap ini media memperoleh presentase respon siswa yang menjawab “Ya†lebih
besar dari presentase respon siswa yang menjawab “Tidak†dari siswa maka
produk yang dihasilkan “Layak†digunakan oleh siswa yang berarti media
mendapat respon positif dengan. Siswa berpendapat bahwa media dikemas dengan
menarik, soal disampaikan dengan jelas, mendorong rasa ingin tahu, menambah
pemahaman IPA, dan menambah motivasi belajar IPA.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, media berbasis komputer,
ADDIE.