Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persentase penggunaan gaya
mengajar guru penjaskes di sekolah dasar se-kecamatan sakra, penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode surve.
Penelitian ini melibatkan 10 guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan di
sekolah dasar se-kecamatan sakra sebagai responden penelitian instrumen yang
digunakan berupa angket konselor. Data yang diperoleh menggunakan tehnik
analisis secara deskriptif kuantitatif hasil penelitian diskriptif ini berupa data
presentase yang menunjukan penggunaan gaya mengajar guru penjas sekecamatan
sakra.Hasil yang diproleh dalam setiap gaya mengajar adalah 80%
guru menggunakan gaya komando, 80% guru menggunakan gaya latihan 70%
gaya respokal, guru menggunakan gaya penilaian diri sendiri 60%, guru
menggunakan gaya ingklus 80%, guru menggunakan gaya penemuan terpimpin
80%, guru menggunakan gaya konvragen 70%, guru menggunakan gaya divragen
90%.
Kata Kunci: identifikasi, gaya mengajar, guru penjas