Abstract :
ABSTRAK
FIKA NASBIYANTI (NPM:13110173) 2017. PengembanganMedia Papan
Roda Putar Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SDN
4 Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan
kelayakan media papan roda putar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) kelas IV Sekolah Dasar pada materi sumber daya alam dan pemanfaatannya
dalam bidang ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
menggunakan prosedur penelitian pengembangan Brog dan Gall yang terdiri dari
10 tahapan yang kemudian disederhanakan menjadi 5 tahapan. Instrumen
pengumpul data yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi ahli
materi, angket validasi ahli media, angket respon siswa, dan tes evaluasi hasil
belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil validasi yang
dilakukan oleh validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,47 dengan kategori
sangat baik dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,5 dengan kategori
baik, (2) Hasil uji coba lapangan di SDN4 Aikmel Utara, respon siswa
menunjukkan persentase 74 % respon baik, hal ini menunjukkan siswa
memberikan respon baik terhadap media papan roda putar , (3) Hasil belajar siswa
menunjukkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 81,4% siswa tuntas
berdasarkan KKM dengan nilai rata-rata 72,03. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa media papan roda putar layak untuk dipergunakan dalam proses
pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Media Papan Roda Putar, IPS