Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media Dakota (dakon
matematika) materi satuan panjang pada siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk. 2)
mengetahui kelayakan produk media Dakota (dakon matematika) materi satuan
panjang kelas IV MI NW Rekat Lauk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi model
pengembangan Borg & Gall yang mempunyai 10 langkah pengembangan. Namun
dalam pengembangan media Dakota satuan panjang ini peneliti hanya sampai
pada tahap kelima yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan,
(3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan, (5) revisi hasil uji coba. Validasi
media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan diuji cobakan kepada 20 siswa
pada siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar validasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan skala lima dan
skala empat. Dan dalam hal ini ahli materi maupun ahli media memberikan
penilaian bahwa media Dakota yang dikembangkan “layak†untuk digunakan.
Tingkat kelayakan media Dakota (dakon matematika) satuan panjang berdasarkan
penilaian: (1) ahli materi diperoleh nilai/ skor aktual 72 dikategorikan “Layakâ€
dengan rentang nilai . (2) ahli media diperoleh nilai 58
dikategorikan menjadi produk “Sangat layak†dengan rentang nilai X > 50,4 (3)
uji coba lapangan dalam bentuk angket respon siswa terhadap media Dakota
diperoleh skor rata-rata 25,75 yang berada dalam interval > X ≥
sehingga respon siswa terhadap produk yang dikembangkan dikategorikan tinggi
atau baik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Dakota (dakon matematika).