Abstract :
ABSTRAK
Hasbiah.Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik (PMR) Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri
02 Kalijaga Timur Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan Ajar
matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada
Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri 02 Kalijaga Timur Tahun Pelajaran
2017/2018. Subyek penelitian ini sebanyak 18 peserta didik yang terdiridari 8
laki-lakidan 10 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sudah
disederhanakan menjadi 7 (tujuh) tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain,
pembuatan prototype, revisiproduk, ujicoba lapangan dan revisi akhir. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument
pengumpulan data meliputi data validasi dan angket responsiswa. Bahan ajar
yang sudah di validasi dengan rata-rata ahli tampilan 3 dengan katagori cukup,
ahli materi dengan skor rata rata 3 dengan kategori cukup. Sementara hasil angket
respon siswa terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa siswa sangat merepon
Rata-rata respon siswa adalah 92,41% yang diperoleh dari jumlah perolehan
dibagi jumlah poin maksimal dikalikan 100%, hasilnya berada pada rentang 81%-
100% dengan kategori sangat merespon. Dapat disimpulka nrespon siswa
terhadap bahan ajar sangat baik atau sangat merespon. Dengan demikian bahan
ajar matematika dengan Pendekatan Matematika Realisstik (PMR) layak
digunakan pada pembelajaran matematika.
Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, PendidikanMatematikaRealistik (PMR)