DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 02 KALIJAGA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HASBIAH, HASBIAH
Subject
Teknologi Pembelajaran 
Datestamp
2021-03-04 02:48:37 
Abstract :
ABSTRAK Hasbiah.Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri 02 Kalijaga Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan Ajar matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri 02 Kalijaga Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini sebanyak 18 peserta didik yang terdiridari 8 laki-lakidan 10 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sudah disederhanakan menjadi 7 (tujuh) tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype, revisiproduk, ujicoba lapangan dan revisi akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi data validasi dan angket responsiswa. Bahan ajar yang sudah di validasi dengan rata-rata ahli tampilan 3 dengan katagori cukup, ahli materi dengan skor rata rata 3 dengan kategori cukup. Sementara hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa siswa sangat merepon Rata-rata respon siswa adalah 92,41% yang diperoleh dari jumlah perolehan dibagi jumlah poin maksimal dikalikan 100%, hasilnya berada pada rentang 81%- 100% dengan kategori sangat merespon. Dapat disimpulka nrespon siswa terhadap bahan ajar sangat baik atau sangat merespon. Dengan demikian bahan ajar matematika dengan Pendekatan Matematika Realisstik (PMR) layak digunakan pada pembelajaran matematika. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, PendidikanMatematikaRealistik (PMR) 

File :
skrisi.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi